Bahan Etsa dan Tahapannya

Bahan Etsa dan Tahapannya– Hasil dari proses polishing akan menjadi permukaan seperti cermin mengkilap. Sehingga struktur logam terlihat jelas, permukaan terukir. Berikut adalah beberapa solusi etsa untuk pemeriksaan makro dan mikro yang biasa digunakan dalam metalografi.

 
A. Bahan Makro etsa pelarut;
  • Hidrochloric, komposisi 50% asam hidroclhoric dalam air dengan menggunakan suhu 700-800 sampai satu jam. Penggunaannya untuk besi dan baja.
  • Sulfat, komposisi 20% asam sulfat dalam air dengan suhu 80% menggunakan waktu yang dibutuhkan 10-20 detik. Penggunaannya untuk besi dan baja bahan.
  • Nitrat, komposisi 25% asam nitrat dalam air, seperti a dan b mungkin dingin jika cocok. Penggunaannya untuk besi dan baja bahan.
B. Micro Bahan etsa pelarut
  • Asam nitrat, komposisi asam nitrat 2 ml, alkohol (95%) 98 ml. Gunakan UNTUK baja KARBON, Low Alloy baja dan paduan baja menjadi. Waktu Up Satu Menit
  • Asam pikrat, komposisi asam pikrat 4 gram, 98 ml alkohol. Gunakan baja UNTUK hati KARBON keadaan normal, melunak, mengeras dan marah. Etsa waktu beberapa detik sampai satu menit.
C. Tahapan Etching
Langkah-langkah proses etsa dalam pemeriksaan struktur logam adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan larutan etsa ke dalam cangkir
  2. Celupkan permukaan spesimen ke dalam larutan dengan menggunakan beberapa detik tang penjepit kecil alat selam untuk menyesuaikan dengan kebutuhan
  3. Bersihkan spesimen dengan air bersih dan kemudian bersihkan dengan alkohol
  4. Benda uji kemudian dikeringkan dengan kapas bersih keringkan dengan pengering atau khusus (misalnya pengering rambut).

D. Pengaruh Etching

Pengaruh reaksi dari larutan kimia ke permukaan benda uji adalah seluruh permukaan akan muncul garis-garis seperti tidak teratur yang menunjukkan munculnya atau adanya batas-batas antara butir kristal logam.